Ads Top

Cara Install Windows 7 di Macbook dengan USB Drive

Tutorial Cara Install Windows 7 di Macbook dengan USB Drive kali ini dibuat singkat saja

1. buat instalasi windows 7 di usb menggunakan  Windows 7 USB/DVD Download Tool.
2. Cara nya bisa dilihat disini Cara Buat Instalasi Windows 7 USB
3. Pada Mac buka Boot Camp Assistant


4. Lalu akan ada 2 pilihan download windows support software dan install windows 7, pilih saja dua-duanya jika tidak punya windows support software sesuai dengan versi bootcamp. bila sudah punya langsung saja pilih install windows 7

5. Setelah download selesai lanjut ke proses install atau partisi HDD, jika muncul tulisan “The installer disc could not be found” maka install Daemon Tools atau Toast lalu Copy File ISO windows 7 ke Macbook, setelah itu Mount ISO windows 7 menggunakan Daemon Tools lalu lanjutkan ke Bootcamp. jika tidak muncul maka lanjutkan ke no 6.
6. Bagi partisi yang ingin dipakai untuk windows. ingat harus tepat, karena windows 7 membutuhkan setidaknya 20Gb. Jadi untuk aman gunakan 40Gb atau 50 Gb tergantung aplikasi yang akan diisintall di windows. lalu klik install / partition

7. Jika muncul eror "The disk cannot be partitioned because some files cannot be moved" maka reboot Mac lalu tekan "Command+S" ketika boot, maka akan masuk ke tampilan prompt.

8. Pada tampilan prompt ketik /sbin/fsck -fy. Jika sudah success ketik reboot. Lalu buka bootcamp dan ulangi partisi kembali. Jika kamu menginstall rEFIt. Maka Hapus dulu refit dari mac baru masuk ke tampilan command prompt.

9. Setelah itu partisi akan berjalan suksess dan colok USB yang sudah terisi file instalasi windows 7. setelah patisi berhasil maka akan otomatis terbuat Drive BOOTCAMP dan restart.

10. Booting menggunakan USB dan lakukan instalasi windows seperti biasa.

11. jika pada saat instalasi Windows 7 Drive Bootcamp tidak bisa diinstall Windows 7. itu karena Drive Bootcamp masih dalam format FAT. Jadi format dulu ke NTFS

12. Lanjutkan Instalasi sampai selesai.

13. Setelah instalasi selesai dan masuk ke Windows. Maka langkah selanjutnya adalah install driver windows. Caranya yaitu copy file windows support software yang sudah di download di bootcamp. lalu lakukan installasi. Jika kalian tidak sempat mendownload pada langkah sebelumnya. kalian bisa mendownload Windows Support Software pada website Apple sesuai versi dari bootcamp kalian.

14. Untuk memilih booting Windows atau Mac OS X. ketika booting cukup tekan ALT/Option sampai muncul Drive Booting. Pilih salah satu dan booting, atau kalian bisa install rEFIt pada Mac OS X. Setelah install rEFIt, maka harus reboot 2 kali, untuk memunculkan menu Drive pada awal Booting.

15. Jika terjadi "No Bootable device. Insert boot disk and press any key" kalian bisa cek solusinya di video ini

No comments:

Powered by Blogger.