Ads Top

Perbedaan Notebook dan Netbook

Perbedaan Notebook dan Netbook - Banyak orang yang baru mengenal komputer bilang klo notebook dan netbook itu sama, padahal sebenarnya 2 benda itu berbeda walaupun sama, seperti serupa tapi tak sama walaupun perbedaannya tidak terlalu jauh.

Istilah Notebook muncul bersamaan dengan tibanya era komputer jinjing. Ukurannya lebih kecil dan lebih efektif untuk dibawa ke mana saja, jika dibandingkan dengan desktop PC atau komputer rumahan.

Istilah Laptop muncul seiring dengan adanya istilah Notebook. Namun kata ‘laptop’ lebih sering digunakan karena diambil dari perilaku pengguna notebook, yang lebih suka meletakkan notebooknya di atas paha daripada meletakkan di atas meja. Kata ‘Lap’ sendiri merupakan bahasa Inggris yang artinya ‘pangkuan’.

Istilah Netbook merupakan istilah baru yang diluncurkan Intel pada Februari 2008. Istilah ini ditujukan untuk kategori notebook berukuran kecil, ringan dan fungsionalitas yang mencukupi. Netbook bisa disebut sebagai versi laptop lebih kecil. Secara teknis, Netbook adalah istilah baru untuk laptop yang berukuran kecil dengan penekanan fungsi pada aplikasi internet dan wireless communication.

Makanya, setiap netbook dipastikan wajib memiliki fasilitas wi-fi. Netbook cenderung lebih cocok disegmentasi pada pengguna pemula. Seperti untuk anak-anak sekolah, atau pun ibu-ibu rumah tangga. Yang mana umumnya mereka tidak membutuhkan aplikasi lebih dari sebuah komputasi sederhana.

Perbedaan Notebook dan Netbook bisa dilihat juga pada hardware. Untuk Notebook atau laptop mempunyia hardware yang lebih cangih dari pada Netbook yang lebih minim atau standar untuk pemula, misal Notebook mempunya processor lebih cangih dan terbaru seperti halnya PC Dekstop, Core i3, Core i5 ataupun Core i7 maupun dari processor AMD, sedangkan Netbook saat ini cuma dihinggapi oleh processor Intel Atom, dan yang terbaru adalah Intel Atom Dual Core.

Pada Bagian Dimensi Layar, Notebook rata2 memiliki Layar yang lebih besar dengan minimal 13" sedangkan Netbook mempunya dimensi layar yang lebih kecil dibawah 12". Netbook jg tidak dilengkapi dengan DVD Drive pada perangkatnya. jadi jika anda ingin mempunyai DVD Drive anda harus membeli DVD Drive External untuk Netbook.


Notebook ditujukan bagi orang yang membutuhkan komputer yang cukup bertenaga untuk bekerja dan dapat dibawa kemana-mana. Performa notebook sekarang (terutama platform centrino2) sudah mendekati bahkan menyamai komputer desktop kelas mainstream. Performa ini sangat berguna bagi orang yang membutuhkan komputer pekerjaan editing multimedia atau hal-hal yang lebih dari sekedar mengetik. Sedangkan netbook ditujukan bagi orang yang menginginkan mobilitas dalam menggunakan komputer untuk sekedar pekerjaan office dan internet.

Untuk Harga Netbook lebih murah dari pada Notebook. dikarena isi dalam hardware dari masing-masing laptop itu sangat berbeda.

mungkin itu saja Perbedaan Notebook dan Netbook yang saya jabarkan.

No comments:

Powered by Blogger.